BUKU PENDAMPINGAN GURU WALI
SMPN 4 PADANG PANJANG
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
DAFTAR ISI
- Pendahuluan
- Tugas dan Fungsi Guru Wali
- Rencana Kerja Tahunan
- Instrumen Pendampingan Guru Wali
- Evaluasi dan Pelaporan
- Laporan
- Lampiran Format
BAB I PENDAHULUAN
Guru wali adalah ujung tombak dalam pelaksanaan layanan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Peran ini sangat strategis dalam membangun komunikasi antara sekolah, siswa, orang tua, serta berbagai pemangku kepentingan lainnya. Sesuai Permendikbudristek Nomor 11 Tahun 2025 tentang Manajemen Satuan Pendidikan, Guru Wali memiliki tugas pokok dalam pendampingan perkembangan peserta didik secara menyeluruh.
Guru wali bukan hanya administrator kelas, namun juga fasilitator, mentor, dan teladan bagi peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pendampingan yang sistematis dan terdokumentasi melalui bukti pendampingan ini.
BAB II TUGAS DAN FUNGSI GURU WALI
Tugas dan fungsi guru wali dikembangkan untuk memastikan perkembangan
- Melakukan pembinaan karakter dan keedisiplinan siswa
- Menjadi penghubung antara sekolah dengan orang tua atau wali
- Memantau perkembangan akademik dan nonakademik siswa
- Melaksanakan layanan konseling dasar, bekerjasama deng guru BK.\
- Mengelola administrasi siswa di kelas yang diampu
- Menyusu laporan perkembangan siswa.
- Menindaklanjuti kasus atau masalah sesuai prosedur penanganan di sekolah.
BAB III RENCANAAN KERJA TAHUNAN GURU WALI
Rencana kerja ini berfungsi sebagai pedoman tahunan bagi guru wali dalam melaksanakan tugas pendampingannya Kegiataan utama meliputi:
- Penyusunan data awal siswa dan pemetaan karakter
Kegiatan awal tahun untuk memahami latar belakang dan kondisi peserta didik/
- Pengisian dan pembaruan buku monitoring individu siswa
Pemantaauan perkembangan akademik, sosial, emosional
- Program penguatan karakter dan budaya sekolah
Mengintegrasikan dimensi profil lulusan keimanan, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan komunilkasi
- Pertemuan rutin dengan orang tua atau wali siswa
Forum komunikasi dan kolaborasi antara sekolah dan rumah.
- Koordinasi dengan guru mata pelajaran
Identifikasi masalah dan pengambilan keputusan intervensi bersama
- Rekap administrasi presensi, dan pelanggaran siswa
Digunakan sebagai bahan refleksi dan evaaluasi kelas.
- Pelapaoran berkala ke pimpinan sekolah
Disusun triwulan, semester atau sesuai kebutuhan
BAB IV INSTUMEN PENDAMPINGAN GURU WALI
Berikuit ini adalah gaftar instrument utama yang digunakan guru wali. Masing masing instrument disusun dalam bentuk tabel siap pakai menyesuaikan jumlah siswa dalam satu kelas.
- Buku Monitoring Individu Siswa
No |
Nama Siswa |
Kelas |
Aspek Akademis |
Aspek non-Akademis |
Catatan Khusus |
1. |
Lingga Ardhana Finkar |
7.1 |
|
|
|
2. |
Lukman Salam |
7.2 |
|
|
|
3. |
Marchell Valdiano |
8.4 |
|
|
|
4. |
Maria Ceryfa Simbolon |
8.5 |
|
|
|
5. |
Maura Andrila Ufaira |
7.1 |
|
|
|
6. |
Michael Putratua Simarmata |
8.2 |
|
|
|
7. |
Mikeyla Alya Putri |
7.3 |
|
|
|
8. |
Mikho Nabhan Pradista |
7.3 |
|
|
|
9. |
Rizki Aditya |
8.3 |
|
|
|
10. |
Shira Aulia |
8.2 |
|
|
|
11. |
Sri Fadila Septiani |
8.4 |
|
|
|
12 |
Syahirah Wulan Drikyus |
8.4 |
|
|
|
- Jurnal Mingguan Guru Wali
Minggu ke- |
Tanggal |
Kegiatan/Observasi |
Permasalahan |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Formulir Observasi Siswa
Nama |
Tanggal |
Aspek yang Diamati |
Hasil Observasi |
Kesimpulan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Rekap Koordinasi Guru BK
Nama Siswa |
Permasalahan |
Tindakan BK |
Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Data Presensi dan Prestasi Siswa
Nama Siswa |
Prestasi
Akademik |
Prestasi
Non-akademik |
Total prestasi |
Ketidakhadiran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Notulen Pertemuan Orang Tua atau Wali
Tanggal |
Nama |
Agenda Kesepakatan |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Rencana Tindak Lanjut Individual
Nama Siswa |
Masalah Utama |
Target Perubahan |
Intervensi |
Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Log Komunikasi Orang Tua
Tanggal |
Nama Siswa |
Media Komunikasi |
Isi Komunikasi |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB V. EVALUASI DAN PELAPORAN
Guru wali melaksanakan evaluasi berkala terhadap perkembangan siswa dan efektivitas program pendampingan yang dijalankan. Evaaluasi dilakukan melalui refleksi terhadap hasil monitoring siswa, hasil koordinasi deengan pihak terkait, serta umpan balik dari peserta didik dan orang tua.
Laporan perkembangan siswa disusun secara periodik/ bulanan, triwulan, dan akhir semester serta menjdi bagian penting dalam penyusunan kebijakan peningkatan mutu pendidikan di kelas.
BAB VI LAMPIRAN FORMAT
Lampiran mencakup firmat isian dari instrument yang telah dijabarkan dalam BAB IV dan siap dicetak serta diisi oleh guru wali.
Mengetahui
Kepala SMPN 4 Padang Panjang
LELI SUARNI, S.Pd
NIP 196605031991032005 |
Padang Panjang, September 2025
Guru Wali
LIDYA GUSTI, S.Pd
NIP 196908192002122002 |